Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Ekonomi · 5 Jun 2023 02:16 WIB ·

Pj Bupati Aceh Jaya Luncurkan Mesin Chipper


 Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin melakukan uji coba mesin chipper (pencacah kayu) usai diresmikan di halaman kantor Bupati setempat, Senin (05/06/2023) (Foto/Ist) Perbesar

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin melakukan uji coba mesin chipper (pencacah kayu) usai diresmikan di halaman kantor Bupati setempat, Senin (05/06/2023) (Foto/Ist)

Aceh Jaya (AJP) – Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin secara resmi meluncurkan mesin chipper (pencacah kayu) di halaman kantor Bupati Aceh Jaya, Senin (05/06/2023).

Dr Nurdin menyampaikan, keputusan untuk menjajal mesin chipper kayu sebagai langkah inovatif dalam mengolah limbah kayu menjadi bahan chip kayu yang bernilai ekonomi.

“Kita mencoba mesin chipper kayu, untuk membuat bahan chip kayu, kita menghilirisasi konsep ‘Bak bhee beu jeut keu peng, sampah harus jadi duit’ di Aceh Jaya. Kita memiliki limbah kebun yang cukup banyak, diperkirakan ada sekitar 400 ribu hingga 500 ribu ton limbah kayu kebun yang belum termanfaatkan. Oleh karena itu, kita coba bangun ekosistem bisnis baru yaitu ekosistem untuk biomas,” ujar Dr Nurdin.

Langkah ini, lanjutnya, sejalan dengan kebijakan global untuk secara bertahap menggantikan batu bara dengan bahan bakar alternatif, salah satunya adalah bahan wood chip yang dihasilkan dari mesin chipper ini.

“Keberadaan mesin chipper tersebut merupakan investasi swasta untuk membangun bisnis di Aceh Jaya. Kita berharap dapat bermitra dengan perusahaan swasta lokal, BUMDes, BUMDesma, PT Barajaya Perseroda, dan berbagai pihak lainnya. Dengan pangsa pasar yang cukup besar dan masih minimnya pesaing, terutama di Aceh Jaya, kita juga berharap dapat mendorong lebih banyak pihak untuk ikut serta dalam bisnis ini, karena akan membawa dampak positif bagi perekonomian  dan juga memberikan nilai tambah serta sumber pendapatan baru bagi masyarakat setempat,” tambahnya.

Pj Bupati menjelaskan, mesin chipper ini telah tiba di Aceh Jaya dan telah berhasil melewati uji coba awal. Setelah tahap pengujian ini, proses produksi akan terus berlanjut hingga bisnis ini berjalan secara penuh.

“Ke depan, upaya juga akan dilakukan adalah budidaya tanaman dengan kandungan kalori tinggi yang cocok sebagai pengganti batu bara. PT Cipta Daya Energi akan mengelola bisnis ini dan mesin chipper akan beroperasi di Aceh Jaya. Mesin ini memiliki kapasitas untuk menghasilkan 2 ton chip kayu per jam, sehingga dalam waktu 8 jam dapat menghasilkan sekitar 15-16 ton chip kayu. Produksi akan disesuaikan dengan permintaan dan partisipasi pengusaha dalam bisnis ini” paparnya

Dr. Nurdin berharap dengan adanya peluncuran mesin chipper ini dapat menjadi salah satu pemasok biomas terkemuka di Indonesia bahkan dunia, memanfaatkan potensi yang luas yang dimiliki daerah ini dan keberadaan pelabuhan sendiri.

“Ini adalah kesempatan bagi Aceh Jaya untuk memasuki industri bisnis yang menjanjikan ini, sambil mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat” pungkasnya (***)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sepanjang Ramadhan, BSI Perbanyak Layanan Weekend Banking di Seluruh Indonesia

23 March 2024 - 12:31 WIB

Gedung BSI Aceh Bakal Soft Launching 18 Maret 2024

9 March 2024 - 17:03 WIB

Ini Dia Untung-Rugi Investasi Saham

19 February 2024 - 08:33 WIB

Saatnya Tentukan Pilihan Investasi

12 February 2024 - 09:33 WIB

Ayo Jadi Investor Saham!

5 February 2024 - 13:11 WIB

Kenalin Hak dan Kewajiban bagi Wajib Pajak UMKM

28 November 2023 - 04:08 WIB

Trending di Ekonomi