Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

News · 26 Mar 2024 15:24 WIB ·

Warga Aceh Jaya Dihebohkan Adanya Semburan Gas Saat Pengeboran Sumur


 Warga Aceh Jaya Dihebohkan Adanya Semburan Gas Saat Pengeboran Sumur Perbesar

Calang (AJP) – Warga Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, digegerkan dengan adanya semburan air dan gas saat warga sedang melakukan pengeboran sumur untuk kebutuhan air bersih di desa tersebut, Selasa (26/3/2024).

Kemunculan tersebut setelah pengeboran sumur mencapai kedalaman 18 meter dan mengeluarkan semburan air yang berbau gas.

Ermansyah, penggali sumur bor mengungkapkan, bersama pemilik rumah, ia mencoba membuktikan dengan memecik korek. Al hasil saat dibakar mengeluarkan api hingga 1 meter dari ujung pipa.

“Semburan gas saat ini baru pertama terjadi selama saya melakukan pengeboran sumur warga,” ujar Ermansyah

Saat ini, lanjutnya, penggalian sumur sudah dihentikan untuk menghindar hal yang tidak diinginkan dikarenakan penemuan gas berdekatan dengan bangunan rumah

Sementara itu, Tim dari Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya yang dihadiri langsung Sekda Aceh Jaya, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, aparat kepolisian dan sejumlah pihak lain turut meninjau lokasi

Salah satu perwakilan Pemda Aceh Jaya, Dedek  Suriadi menyebutkan, tinjuan itu dilakukan guna memastikan kandungan semburan gas yang terjadi pada sumur warga tersebut.

Terkait semburan gas ini, warga dan pemilik rumah tidak perlu khawatir. Dugaan sementara adanya pembusukan dari fosil di dalam tanah, sehingga mengeluarkan gas metan” ujar Dedek

Karena, lanjutnya, lokasi penggalian sumur bor merupakan kawasan gambut yang memicu gas akibat adanya penumpukan fosil alam, terutama tumbuhan yang menumpuk di rawa dan itu sama dengan gas diseptitank maupun TPA ( Tempat Pembuangan Akhir).

Dedek menambahkan, terkait adanya pengeluaran semburan gas di sumur bor, pemerintah tidak mengeluarkan himbauan khusus karena dari hasil amatan sementara gas yang keluar tidak membahayakan.

“Jika pemilik rumah mau pakai sumur galian itu, silahkan. Karena perkiraan sementara air sumur aman dipakai oleh warga,” pungkasnya (*)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

APH Tutup Mata, Illegal Logging Masih Marak Terjadi di Babahrot

10 June 2024 - 07:44 WIB

Tindak Lanjut Surat Edaran, PWI Aceh Jaya dan KIP Jalin Kerjasama Sukseskan Pilkada 2024

5 June 2024 - 13:33 WIB

Peringati Haul Wali, DPW PA Aceh Jaya Gelar Doa Bersama

3 June 2024 - 16:00 WIB

Sahuti Edaran Mendagri untuk Pilkada Damai, Pengurus PWI Aceh Audiensi ke KIP

28 May 2024 - 10:37 WIB

WALHI Aceh Temukan Illegal Logging di Kawasan Hutan Mukim Krueng Bireuen

28 May 2024 - 08:32 WIB

Harapan Pj Gubernur Aceh untuk Masyarakat Aceh di Perantauan

23 May 2024 - 08:48 WIB

Trending di News