Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

News · 23 Oct 2023 02:58 WIB ·

Banda Aceh dan Aceh Selatan Diguncang Gempa Tektonik Ringan


 Banda Aceh dan Aceh Selatan Diguncang Gempa Tektonik Ringan Perbesar

Banda Aceh (AJP) – Wilayah Kota Banda Aceh diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 3,4 magnitudo, Senin (23/10/2023) dini hari sekitar pukul 01.05 WIB.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terletak di darat pada jarak 27 kilometer Barat Laut Kota Jantho, Aceh Besar pada kedalaman 3 kilometer.

“Gempa yang terjadi merupakan gempa yang dipaparkan akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatera pada segmen Seulimeum-Utara,” ungkap Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin.

Gempa ini, kata dia, dirasakan di daerah kota Banda Aceh. Namun hingga kini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat dampak gempa tersebut.

Selang beberapa jam kemudian, gempa tektonik juga terjadi di wilayah Aceh Selatan dengan kekuatan 3,7 magnitudo sekitar pukul 04.51 WIB.

“Lokasi gempa berada di laut pada jarak 11 kilometer Barat Daya, Kabupaten Aceh Selatan pada kedalaman 48 kilometer,” ungkap Andi.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng,” sambungnya.

“Hingga tadi pagi dari hasil pemantauan BMKG menunjukkan tidak ada gempa susulan, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui saluran komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), saluran telegram ( https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Killa The Phia Bakal Manggung di Jerman

18 June 2024 - 08:45 WIB

Pangdam IM Silaturahmi ke Pendopo Bupati Aceh Jaya

13 June 2024 - 15:18 WIB

APH Tutup Mata, Illegal Logging Masih Marak Terjadi di Babahrot

10 June 2024 - 07:44 WIB

Tindak Lanjut Surat Edaran, PWI Aceh Jaya dan KIP Jalin Kerjasama Sukseskan Pilkada 2024

5 June 2024 - 13:33 WIB

Peringati Haul Wali, DPW PA Aceh Jaya Gelar Doa Bersama

3 June 2024 - 16:00 WIB

Sahuti Edaran Mendagri untuk Pilkada Damai, Pengurus PWI Aceh Audiensi ke KIP

28 May 2024 - 10:37 WIB

Trending di News