Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

News · 26 Sep 2023 04:02 WIB ·

BPS dan DPD IKAL Lemhannas Aceh Teken Kerjasama Bidang Riset dan Kajian Data


 BPS dan DPD IKAL Lemhannas Aceh Teken Kerjasama Bidang Riset dan Kajian Data Perbesar

Banda Aceh (AJP) – Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh bersama Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Alumni (DPD IKAL) Lemhannas Aceh menyepakati kerjasama di bidang riset dan kajian data.

Kerjasama ini ditandatangani kedua belah pihak dalam acara peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2023 Aceh, antara Kepala BPS Aceh, Ahmadriswan Nasution dan Ketua DPD IKAL Lemhannas Aceh, Syahrizal Abbas yang berlangsung di GOR Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Selasa (26/9/2023).

Selain lingkup riset dan kajian data, kedua belah pihak juga sepakat kerjasama di bidang diklat, publikasi kegiatan kedua lembaga, dan kerjasama dengan organisasi lembaga mitra, baik dalam dan luar negeri.

Syahrizal Abbas pun menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk pengakuan stakeholder di Aceh akan keberadaan alumni Lemhannas RI di Aceh.

Sebelumnya, DPD IKAL Aceh juga telah mengikat kerjasama dengan IKAL Sumatera Utara, Pemerintah Aceh, Peradi Aceh, Pispi Aceh.

Sebagai tindak lanjut kerjasama hari ini, DPD IKAL Aceh bersama BPS Aceh akan melakukan training wawasan kebangsaan kepada insan statistik terbaik se Aceh.

“Nanti tim dari IKAL Aceh akan mentransformasi nilai nilai kebangsaan, ketahanan nasional dan dinamika kebangsaan saat ini. Harapannya, selaku ASN, ke depan mereka akan menjadi calon pemimpin terbaik di lingkungannya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, juga hadir Sekretaris DPD IKAL Lemhannas Aceh, Yusri Kasim, Wakil Sekretaris Denny dan Juniazi, pimpinan BPS Aceh, seluruh pejabat BPS se- Aceh, tamu undangan dan seluruh ASN BPS teladan se- Aceh.

Menurut Kepala BPS Aceh, Ahmadriswan Nasution, peringatan Hari Statistik Nasional kali ini merupakan momentum ASN BPS untuk meningkatkan sumbangsihnya kepada bangsa dan negera terutama kaitannya dengan data.

“Zaman terus berubah, dan kita perlu adaptasi, dan itu butuh belajar. Oleh karenanya, ke depan kita perlu membangun ASN yang tangguh. Dan untuk itu, hari ini, kita sudah sepakat dengan IKAL Aceh untuk mengawal SDM statistik di Aceh, sehingga berdaya guna dan berhasil guna,” ungkapnya.

“Insyaallah, langkah awal dalam waktu dekat, kita akan melakukan penguatan ASN Statistik di Aceh dengan muatan wawasan kebangsaan,” katanya.

DPD IKAL Lemhannas Siap Bersinergi

Sejak dibentuk di Aceh, DPD IKAL Aceh telah bersinergi dengan Pemerintah Aceh, Perguruan Tinggi, BUMN, Perbankan dan sejumlah lembaga non pemerintahan lainnya di Aceh, dalam membantu percepatan pembangunan dan mengentaskan kemiskinan di Aceh.

“Saat ini berbagai persoalan di daerah, mulai persoalan ekonomi, politik, lapangan kerja, kemiskinan, stunting, energi, ketahanan pangan, kehidupan beragama, adalah sederet persoalan yang terjadi di Aceh,” ucap Syahrizal Abbas.

“Ini perlu solusi dan IKAL Aceh siap berkontribusi dalam menyikapi pelbagai permasalahan yang terjadi saat ini,” lanjut Guru Besar UIN Ar Raniry tersebut.

Syahrizal mengutarakan, selama tujuh tahun terakhir, sejak tahun 2017, IKAL Aceh beberapa kali telah melakukan kajian melalui seminar, diskusi, training wawasan kebangsaan. Dan salah satu ikon DPD IKAL Aceh saat ini adalah “ngopi kebangsaan” yang sekarang sudah menjadi ikon IKAL Nasional dan telah diadopsi oleh beberapa DPD IKAL lain di tanah air.

“Hasil dari kajian dan diskusi yang dilakukan selama ini, kita buat rekomendasi untuk disampaikan ke pemerintah Aceh, IKAL Pusat, Gubernur Lemhannas dan pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya.

Saat ini, DPD Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas Aceh memiliki tidak kurang 500 an alumni Lemhannas, baik itu alumni PPRA, PPSA, TOT, TAPLAI, dan P3DA yang bekerja sebagai birokrat, akademisi, politisi, agamawan, guru, praktisi, jurnalis, usahawan dan sebagainya.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Killa The Phia Bakal Manggung di Jerman

18 June 2024 - 08:45 WIB

APH Tutup Mata, Illegal Logging Masih Marak Terjadi di Babahrot

10 June 2024 - 07:44 WIB

Tindak Lanjut Surat Edaran, PWI Aceh Jaya dan KIP Jalin Kerjasama Sukseskan Pilkada 2024

5 June 2024 - 13:33 WIB

Peringati Haul Wali, DPW PA Aceh Jaya Gelar Doa Bersama

3 June 2024 - 16:00 WIB

Sahuti Edaran Mendagri untuk Pilkada Damai, Pengurus PWI Aceh Audiensi ke KIP

28 May 2024 - 10:37 WIB

WALHI Aceh Temukan Illegal Logging di Kawasan Hutan Mukim Krueng Bireuen

28 May 2024 - 08:32 WIB

Trending di News