Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

News · 31 Oct 2023 18:37 WIB ·

Budidaya Ikan Bioflok di Bireuen Sukses, Sudah Dua Kali Panen


 Budidaya Ikan Bioflok di Bireuen Sukses, Sudah Dua Kali Panen Perbesar

Bireuen (AJP) – Budidaya ikan dengan menggunakan sistem bioflok yang dikembangkan oleh warga Kecamatan Jangka, Bireuen ternyata tidak hanya meningkatkan produktivitas ikan, namun juga mendongkrak ekonomi warga.

Penerapan bioflok ini menjadi pilihan peternak ikan air tawar di daerah Bireuen. Pasalnya, sistem tersebut mempunyai kelebihan dibandingkan sistem konvensional.

Peternak lele yang menggunakan sistem bioflok di Jangka, Rafli mengatakan, memahaminya sudah memanen ikan lele berkat pengelolaan sistem bioflok. Hasilnya pun bagus dan ukuran ikan yang bervariasi.

Rafli juga menyampaikan bahwa panen ikan ini sebenarnya tergantung cara pengelolaannya. Jika tidak serius, maka hasilnya juga seadanya bahkan bisa merugi.

“Jangan bilang gak ada panen, kami sudah panen ini. Panen gak panen tergantung pada pengelolaannya,” kata Rafli, Selasa (31/10/2023).

Meski terbilang memiliki risiko terhadap pertumbuhan ikan, ia juga mengingatkan hal itu tergantung keseriusan dalam mengelola budidaya ikan dengan sistem bioflok.

“Setiap kerjaan pasti ada risikonya. Inikan bagaimana cara kita mengelolanya saja. Kalau bagus, hasilnya juga bagus,” ucap Rafli.

Saat ini memikirkan sudah dua kali melakukan panen. Terakhir, kata dia, berhasil memanen sebanyak 500 kilogram ikan lele dari beberapa kolam saja.

“Panen sudah dua kali, panen kali ini 500 kilo itu bukan seluruh kolam,” jelasnya seraya menyebut ia telah merekrut empat pekerja untuk memperbaiki ekonomi warga di sana.

Program pembuatan kolam terpal dengan sistem bioflok budidaya ikan tersebut berada di bawah Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh tahun anggaran 2022 melalui pokok pikiran anggota DPR Aceh Dapil Bireuen, Ilham Akbar.

Program itu juga merupakan usulan kelompok peternak ikan di wilayah itu yang ditampung dan direalisasikan oleh Ilham Akbar, untuk membantu perekonomian warga di sana.

Tak hanya di Jangka, program serupa juga ada di kelompok penerima manfaat di Desa Teupin Siron, Kecamatan Gandapura, Kecamatan Makmur, Kecamatan Peudada, Kecamatan Kuala, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Peusangan Selatan dan Kecamatan Juli.

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

APH Tutup Mata, Illegal Logging Masih Marak Terjadi di Babahrot

10 June 2024 - 07:44 WIB

Tindak Lanjut Surat Edaran, PWI Aceh Jaya dan KIP Jalin Kerjasama Sukseskan Pilkada 2024

5 June 2024 - 13:33 WIB

Peringati Haul Wali, DPW PA Aceh Jaya Gelar Doa Bersama

3 June 2024 - 16:00 WIB

Sahuti Edaran Mendagri untuk Pilkada Damai, Pengurus PWI Aceh Audiensi ke KIP

28 May 2024 - 10:37 WIB

WALHI Aceh Temukan Illegal Logging di Kawasan Hutan Mukim Krueng Bireuen

28 May 2024 - 08:32 WIB

Harapan Pj Gubernur Aceh untuk Masyarakat Aceh di Perantauan

23 May 2024 - 08:48 WIB

Trending di News