Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Pendidikan · 16 Jun 2023 07:34 WIB ·

Pj Bupati Aceh Jaya Sambut Kedatangan Sejumlah Dosen Universitas Syiah Kuala


 (Foto untuk Aceh Jaya Post) Perbesar

(Foto untuk Aceh Jaya Post)

Aceh Jaya (AJP) – Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si, menyambut kedatangan sejumlah dosen Universitas Syiah Kuala (USK) yang terlibat dalam Program Pengabdian Masyarakat Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USK di Kabupaten Aceh Jaya. Acara penerimaan dosen tersebut berlangsung di Aula Lantai III Setdakab Aceh Jaya pada Selasa, (30/05/2023).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Aceh Jaya menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Syiah Kuala atas upayanya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya. Ia mengakui pentingnya peran dosen-dosen dalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ilmu biologi kepada masyarakat, serta berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Kedatangan para dosen dari Universitas Syiah Kuala ini merupakan sebuah berkah bagi Kabupaten Aceh Jaya. Kami sangat mengapresiasi inisiatif mereka dalam memperkuat pendidikan dan pengabdian masyarakat di bidang biologi,” kata Pj. Bupati Dr. Nurdin.

Dr. Nurdin menyebutkan bahwa Kabupaten Aceh Jaya merupakan salah satu supermall dari sisi keanekaragaman hayatinya. Gunung, Rimba dan Laut bukanlah hal asing di Aceh Jaya, oleh karena itu Kabupaten Aceh Jaya merupakan lokasi yang tepat untuk melakukan kajian dan penelitian.

“Dari sisi hutan, kita punya hutan lindung dan Ulu Masen sebagian besar ada di Aceh Jaya. Itu baru seputan hutan dan penghuninya, belum lagi tentang hutan yang dekat dengan rawa–rawa. Makanya di Aceh Jaya buaya merupakan salah satu hal yang unik, mulai dari legenda buaya kuala bakong, hingga kondisi buaya yang memangsa ternak rakyat.” lanjut Pj. Bupati Aceh Jaya tersebut.

Menurutnya, konservasi lingkungan hidup merupakan suatu hal yang sangat penting untuk ditanamkan pada generasi muda kita sejak dini. Sehingga para generasi muda mampu memahami serta menerapkan dalam kehidupannya tentang bagaimana cara menjaga keberlangsungan lingkungan hidup dan keseimbangan ekosistem yang telah diberikan oleh Allah SWT untuk alam semesta ini.

“Kami atas nama pribadi, masyarakat, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Jaya sangat mengapresiasi serta mendukung langkah yang dilakukan oleh Jurusan Biologi FMIPA Universitas Syiah Kuala (USK) dalam memberikan pengetahuan dan informasi tentang bagaimana pemanfaatan sumber daya hayati di Kabupaten Aceh Jaya secara berkelanjutan melalui penerapan ilmu biologi praktis yang dikemas dalam kegiatan pengabdian masyarakat Jurusan Biologi FMIPA USK.”

Sementara itu, Ketua Jurusan Biologi FMIPA Universitas Syiah Kuala, Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU, mengungkapkan bahwa Aceh Jaya bukanlah hal yang baru bagi Universitas yang berada di Kota Banda Aceh tersebut.

“Kami khususnya jurusan biologi, dulu hampir tiap tahun ke Aceh Jaya membawa Mahasiswa ke daerah Lamno. Jadi bukan hal yang asing lagi, tinggal bagaimana membungkusnya sehingga mempunyai keterikatan yang lebih kuat.” jelas Dahlan.

Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU, menyebutkan bahwa Jurusan Biologi USK terdiri dari 2 prodi, prodi S1 dan prodi S2. Saat ini, mahasiswa USK dikirim ke seluruh Indonesia untuk mengikuti program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). “Program MBKM sudah menjadi program nasional, di mana adik–adik mahasiswa setelah menyelesaikan studi S1 bisa mandiri tidak hanya menjadi karyawan, tapi bisa berkecimpung di berbagai pekerjaan termasuk kewirausahaan.” lanjut Dr. Dahlan.

Dahlan berharap kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dengan Universitas Syiah Kuala tidak berhenti di Jurusan Biologi, melainkan dapat bekerjasama dengan semua jurusan yang ada di FMIPA USK. Dirinya menyebutkan bahwa Kabupaten Aceh Jaya memiliki potensi yang luar biasa dalam hal sumber daya alamnya.

Pj. Bupati Aceh Jaya juga menyampaikan harapannya bahwa kolaborasi antara Universitas Syiah Kuala dan Pemerintah Aceh Jaya dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten Aceh Jaya. “Kami berharap para dosen baru ini dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan berbagai masalah lingkungan serta membangun kesadaran akan keberlanjutan di daerah kita,” tambahnya.

Pj. Bupati Dr. Nurdin berharap bahwa kehadiran dosen-dosen baru ini akan membantu memperkuat sektor pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di Kabupaten Aceh Jaya. Dalam sambutannya, ia juga mengingatkan pentingnya menjaga kerjasama yang baik antara Universitas Syiah Kuala dan pemerintah daerah untuk mencapai tujuan bersama.

Universitas Syiah Kuala dan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya berkomitmen untuk menjalin kerjasama yang erat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun masyarakat yang lebih baik di daerah tersebut. (*)

 

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kemenag Aceh Jaya dan AGPAII Sinergi untuk Kemajuan Pendidikan Agama

15 May 2024 - 15:53 WIB

Pj Bupati Aceh Jaya dan Bunda PAUD Kunjungi Satuan Pendidikan

8 May 2024 - 08:42 WIB

Ratusan Santri di Aceh Jaya Gelar Safari Akbar

8 April 2024 - 20:46 WIB

IPARI Aceh Ingatkan Penyuluh Agama di Aceh Jaya Tidak Boleh Terlibat Politik Praktis

19 January 2024 - 04:47 WIB

Akhirnya, Aceh Jaya Miliki Museum

21 December 2023 - 14:17 WIB

Datangi SLB, Panwaslih Aceh Jaya Bekali Pemahaman Pemilu Kepada Siswa Disabilitas

18 October 2023 - 07:06 WIB

Trending di Pendidikan