Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Inforial Pemkab Aceh Jaya · 8 Apr 2024 19:40 WIB ·

Rukyat Hilal 1 Syawal Belum Terlihat di Aceh Jaya, Lebaran Ikut Pemerintah Pusat Sesuai Sidang Isbat Kemenag RI.


 Pj Bupati Aceh Jaya Dr. A Murtala ikut pemantauan rukyatul hilal bersama Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) kabupaten setempat di Pantai Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Selasa (8/4/2024) (Foto untuk AJP) Perbesar

Pj Bupati Aceh Jaya Dr. A Murtala ikut pemantauan rukyatul hilal bersama Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) kabupaten setempat di Pantai Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Selasa (8/4/2024) (Foto untuk AJP)

Calang (AJP) – Pj Bupati Aceh Jaya Dr. A Murtala ikut pemantauan rukyatul hilal bersama Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) kabupaten setempat di Pantai Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Selasa (8/4/2024)

Berdasarkan hasil pemantauan, menyimpulkan bahwa hilal awal Ramadhan 1445 hijriah belum memenuhi kriteria atau belum tampak di wilayah kabupaten setempat.

“Disimpulkan bahwa hilal tidak terlihat, sehingga keputusan 1 Syawal mengikuti penetapan Kementerian Agama RI,” kata Plt Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Jaya Mustafa Ramadan.

Ia menambahkan pemantauan hilal di Aceh Jaya turut hadir Pj Bupati Aceh Jaya, Kemenag, Dinas Syariat Islam, MPU, Asisten 1 Setdakab Aceh Jaya.

Diketahui, Pemerintah Indonesia menetapkan awal Syawal 1445 hijriah atau 2024 Masehi pada Rabu, 10 April 2024.

Keputusan itu diumumkan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qaumas dalam sidang isbat penetapan 1 Syawal 1445 hijriah di kantor Kementrian Agama Jakarta, pada Selasa, 9 April 2024.

Hakim mahkamah syar’iyah calang Naufal mengatakan, saat ini di waktu yang ditentukan mulai melihat hilal jam 18:45 wib belum terlihat hilal di wilayah aceh jaya dikarenakan mendung dan hujan.

Untuk titik pemantauan sendiri yang ditujukan di wilayah aceh yaitu banda aceh di lhoknga, Lhokseumawe, Aceh Jaya, Aceh Barat, Sabang dan Sinabang Simeulue.

Faizin tim teknis dari kemenag Aceh Jaya mengatakan, secara posisi hilal sangat memungkinkan untuk terlihat pada posisi 7,59 derajat tetapi dikarenakan cuaca mendung dan hujan rukyat secara alat maupun secara manual tidak memungkinkan terlihat melihat walaupun posisi hilal sudah ada.

“Waktu pemantauannya sampai dengan jam 19:15 wib saat ini kita belum melihat hilal dikarenakan mendung dan hujan sampai dengan berakhirnya masa bulan belum juga terlihat dan tidak memungkinkan karena mendung dan hujan”, kata Faizin. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pangdam IM Silaturahmi ke Pendopo Bupati Aceh Jaya

13 June 2024 - 15:18 WIB

Pemkab Aceh Jaya Terima Bantuan Buffer Stock dari Dinsos Aceh

17 May 2024 - 11:31 WIB

Sekretaris Daerah Aceh Jaya Pimpin Monitoring dan Evaluasi Penurunan Stunting

17 May 2024 - 11:08 WIB

Dua Kecamatan di Aceh Jaya Terkoneksi Jaringan Internet Fiber Optik

16 May 2024 - 16:36 WIB

Mewakili Pj Bupati, Mustafa Ibrahim Hadiri Pelantikan PPK

16 May 2024 - 10:37 WIB

Sekretaris Daerah Aceh Jaya Buka Sosialisasi dan Simulasi Sekolah Aman Bencana

15 May 2024 - 04:44 WIB

Trending di Inforial Pemkab Aceh Jaya