Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

News · 16 Nov 2023 13:20 WIB ·

Warga Tolak Imigran Rohingya yang Kembali Mendarat di Bireuen


 Warga Tolak Imigran Rohingya yang Kembali Mendarat di Bireuen Perbesar

Bireuen (AJP) – Setelah kemarin mendarat di Kecamatan Muara Tiga, Pidie, kini ratusan imigran Rohingya kembali tiba di wilayah perairan Bireuen.

Informasi yang diperoleh, sebanyak 200 orang etnis Rohingya tiba di bibir Pantai Kuala Pawoen, Gampong Pante Sukon, Kecamatan Jangka, Kamis (16/11/2023).

Namun, warga setempat pun menolak kehadiran mereka. Mengingat, selama ini para imigran tersebut selama ini kerap dibantu namun malah kabur dari kamp pengungsian.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto membenarkan adanya penolakan tersebut.

Ia menyampaikan, mulanya warga yang mengetahui kedatangan imigran Rohingya yang berbondong-bondong ke pesisir pantai untuk menolak kehadiran mereka.

“Warga setempat menolak dan menyuruh imigran Rohingya itu naik lagi ke kapal,” ungkap mantan Kapolresta Banda Aceh ini kepada awak media.

“Salah satu alasan penolakan yang berkembang, karena imigran Rohingya yang pernah terdampar sebelumnya berperilaku kurang baik dan tidak patuh pada norma-norma masyarakat setempat,” jelasnya.

Namun demikian, sambung Joko, setelah diberi pengertian oleh aparat kepolisian, warga setempat bersedia memberikan bantuan makanan dan minuman seadanya, termasuk bahan bakar minyak.

“Selain itu warga juga menyediakan perahu untuk menarik kapal yang ditumpangi imigran Rohingya ini kembali ke laut,” ungkap Joko.

Joko juga mengungkapkan bahwa saat ini ada lima orang imigran Rohingya yang tinggal di lokasi karena dalam kondisi lemah dan membutuhkan perawatan medis.

Saat kelima imigran ini telah ditangani oleh pihak UNHCR dan sementara waktu diungsikan ke Gedung SKB Cot Gapu, Bireuen.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk dapat bekerja sama dalam penanganan imigran Rohingya,” ujarnya.

“Kepada masyarakat juga diimbau agar tidak bertindak anarkis, dan tetap memperlakukan mereka dengan baik,” pungkas Joko.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

APH Tutup Mata, Illegal Logging Masih Marak Terjadi di Babahrot

10 June 2024 - 07:44 WIB

Tindak Lanjut Surat Edaran, PWI Aceh Jaya dan KIP Jalin Kerjasama Sukseskan Pilkada 2024

5 June 2024 - 13:33 WIB

Peringati Haul Wali, DPW PA Aceh Jaya Gelar Doa Bersama

3 June 2024 - 16:00 WIB

Sahuti Edaran Mendagri untuk Pilkada Damai, Pengurus PWI Aceh Audiensi ke KIP

28 May 2024 - 10:37 WIB

WALHI Aceh Temukan Illegal Logging di Kawasan Hutan Mukim Krueng Bireuen

28 May 2024 - 08:32 WIB

Harapan Pj Gubernur Aceh untuk Masyarakat Aceh di Perantauan

23 May 2024 - 08:48 WIB

Trending di News