Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Pariwisata · 19 Sep 2023 10:16 WIB ·

50 Peserta Ikut Pelatihan Pengelolaan Homestay di Aceh Jaya


 50 Peserta Ikut Pelatihan Pengelolaan Homestay di Aceh Jaya Perbesar

Calang (AJP) – Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin yang dipilih oleh Sekretaris Daerah, T Reza Fahlevi membuka kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Homestay di Aula Hotel Pantai Barat, Calang, Aceh Jaya, Selasa (19/9/2023).

Pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Disparekrafpora, Kepala Distranaker, termasuk pemilik homestay dan pelaku usaha pariwisata. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pemilik homestay dalam mengelola dan memasarkan homestay mereka dengan lebih efektif.

T Reza Fahlevi menyampaikan pentingnya peran homestay dalam pengembangan sektor pariwisata di Aceh Jaya.

“Homestay menjadi salah satu pilihan penginapan yang semakin diminati wisatawan, terutama wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang lebih personal dan autentik. Oleh karena itu, pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan manajemen homestay di wilayah kita,” ujarnya.

Oleh karena itu salah satu langkah strategi dalam mendukung pengembangan homestay adalah melalui penyelenggaraan program pelatihan manajemen pengelolaan homestay. Program pelatihan ini bertujuan untuk membangun kapasitas sumber daya manusia (sdm) dalam pengelolaan homestay di salah satu destinasi wisata. melalui pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang nantinya akan diperoleh para peserta selama pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan layanan homestay yang berkualitas tinggi dan mematuhi Standar Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI) dengan baik,” lanjutnya.

Selain itu, pelatihan ini juga akan memberikan pemahaman tentang pentingnya promosi dan pemasaran yang baik dalam menarik lebih banyak tamu ke homestay. 

“Dengan adanya peningkatan kualitas dan promosi yang baik, diharapkan akan meningkatkan pendapatan para pemilik homestay dan pada akhirnya berdampak positif pada perekonomian lokal,” katanya. 

Sementara Kadis Transnaker, Sulaiman menyebut bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelolaan usaha homestay agar lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.

“Pada pelatihan ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari pengelola dan pemilik homestay di wilayah Kabupaten Aceh Jaya. Sedangkan instruktur atau pemateri yang kami hadirkan dari perwakilan PT Martel Bandung serta perwakilan dari GM Inn Hotel Banda Aceh,” jelas Sulaiman.

Acara pelatihan ini direncanakan akan berlangsung selama empat hari dengan berbagai materi yang akan dibawakan oleh para ahli di bidang pariwisata dan manajemen.

Para peserta pelatihan juga akan diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam mengelola homestay mereka.

“Pelatihan Kegiatan Manajemen Pengelolaan Homestay tersebut diharapkan akan menjadi langkah awal dalam meningkatkan pariwisata di Aceh Jaya dan membantu para pemilik homestay dalam mengembangkan usaha mereka di bidang pariwisata,” tutup Sulaiman.

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemkab Aceh Jaya Buka Seleksi Calon Penerima Beasiswa

17 April 2024 - 07:50 WIB

Pj Bupati Aceh Jaya Apresiasi Perkembangan Pokdarwis Pantai Nissero Panga

11 January 2024 - 18:41 WIB

Tahun Ini, Reza Fahlevi Ingin Datangkan Lebih Banyak Wisatawan ke Sabang

4 January 2024 - 04:02 WIB

Camping Raya: Pokdarwis di Aceh Jaya Terbaik Tahun 2023 Terima Cipta Award

10 December 2023 - 06:52 WIB

Festival Panen Kopi Gayo: Merawat Kebudayaan sebagai Kekuatan Ketahanan Pangan

9 November 2023 - 14:48 WIB

Peserta Lomba Bouh Gaca dari Kabupaten Aceh Jaya

7 November 2023 - 13:30 WIB

Trending di Foto