Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Pariwisata · 10 Dec 2023 06:52 WIB ·

Camping Raya: Pokdarwis di Aceh Jaya Terbaik Tahun 2023 Terima Cipta Award


 Kelompok Sadar Wisata menerima Cipta Award 2023 pada acara Camping Raya Jambore yang berlangsung di pantai Ajay Gelumpang Raya, Desa Lhok Gelumpang, Kecamatan Setia Bakti, kabupaten setempat, Sabtu (9/12/2023) (Foto untuk AJP) Perbesar

Kelompok Sadar Wisata menerima Cipta Award 2023 pada acara Camping Raya Jambore yang berlangsung di pantai Ajay Gelumpang Raya, Desa Lhok Gelumpang, Kecamatan Setia Bakti, kabupaten setempat, Sabtu (9/12/2023) (Foto untuk AJP)

Calang (AJP) – Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olah Raga (Disparkrafpora) Aceh Jaya menggelar Camping Raya Jambore Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Se Aceh Jaya mulai 9 hingga 10 Desember 2023 di pantai Ajay Gelumpang Raya, Desa Lhok Gelumpang, Kecamatan Setia Bakti, kabupaten setempat

“Mari berkolaborasi bersama dengan desa dalam membangun pokdarwis agar kedepan semakin serius dalam mengembangkan objek objek wisata di daerah masing-masing dan alhamdulillah berkat dukungan semua yang hadir, walaupun cuaca semalam kurang bersahabat tapih acara berjalan dengan lancar”, ujar Juanda, Kadis Parekrafpora Aceh Jaya, Sabtu (9/12/2023)

Juanda menjelaskan, pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan Cipta Award 2023 kepada empat pokdarwis terbaik di tahun 2023 dan juga dilakukan launching homestay sebanyak 14 rumah yang dikelola oleh pokdarwis.

“Cipta Award ini diberikan bedasarkan hasil dari penilaian juri terhadap pokdarwis yang aktif selama tahun 2023. Semoga kedepan makin aktif dalam berkarya. Bagi pokdarwis yang belum mendapatkan award pada tahun ini, semoga tahun depan bisa meraihnya”, ujar Juanda.

“Semoga kedepannya pokdarwis ini akan terus berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama, karena bisnis pariwisata ini bukan sekarang kita petik hasilnya, tetapi ketika nantinya sudah maju pariwisata Aceh Jaya maka kita akan merasakan hasilnya bersama masyarakat di daerah kita masing-masing”, pungkas Juanda.

Ketua Pelaksana, Abdo Rani menjelaskan, kegiatan Jambore Pokdarwis ini merupakan rangkaian penutupan Calender Off Event pariwisata Aceh Jaya tahun 2023 dari berbagai event yang sudah dilaksanakan oleh disparekrafpora Aceh Jaya.

“Adapun maksud dan tujuan kegiatan Jambore Pokdarwis adalah untuk memberikan motivasi, semangat untuk belajar, berkarya, bermitra dalam pengembangan tata kelola sebuah obyek wisata” ujarnya

Selain itu, lanjutnya, Jambore Pokdarwis se-Aceh Jaya merupakan bentuk kegiatan  pendampingan secara langsung dari Dinas Parekrafpora Kabupaten Aceh Jaya terhadap pokdarwis untuk mendapatkan input, masukan dan pengetahuan terntang cara membangun destinasi

“Pokdarwis menjadi wadah membangun jejaring sesama pelaku wisata, memperjuangkan kepentingan, wadah saling tukar pengalaman, pengetahuan, sehingga pelaku wisata siap untuk saling berkolaborasi, bersinergi dan bekerjasama,” tutup Abdo Rani.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Aceh Jaya, T Reza Fahlevi, saat pembukaan acara mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi semangat belajar, berkarya dan bermitra dalam pengembangan tata kelola obyek wisata.

“Kelompok Sadar Wisata Pokdarwis memiliki peran yang sangat penting sebagai salah satu unsur penggerak dalam memajukan dan mengembangkan destinasi pariwisata di daerah”, ungkapnya

Sekda menambahkan, keunggulan dan keunikkan objek wisata di setiap daerah membutuhkan informasi agar masyarakat mengetahui secara luas.

Menurut Sekda, salah satu peran Pokdarwis adalah untuk menyebarluaskan dan mengembangkan destinasi wisata yang dimiliki masing-masing.

“Untuk menyebarluaskan destinasi daerahnya, Pokdarwis harus memiliki kreativitas dan keunikan yang mampu menjadi magnet, supaya wisatawan tertarik untuk berkunjung,” tandasnya.

Lanjut Reza mengungkapkan, kemajuan pariwisata di daerah tidak hanya ditentukan manajemen pengelolaan, tetapi partisipasi dan keterlibatan langsung Pokdarwis untuk memajukan sektor kepariwisataannya.

“Peran dan kontribusi pokdarwis perlu terus didukung dan dikembangkan baik secara kualitas dan kuantitas dalam menopang perkembangan dan pertumbuhan destinasi pariwisata”, tutupnya (*)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemkab Aceh Jaya Buka Seleksi Calon Penerima Beasiswa

17 April 2024 - 07:50 WIB

Pj Bupati Aceh Jaya Apresiasi Perkembangan Pokdarwis Pantai Nissero Panga

11 January 2024 - 18:41 WIB

Tahun Ini, Reza Fahlevi Ingin Datangkan Lebih Banyak Wisatawan ke Sabang

4 January 2024 - 04:02 WIB

Festival Panen Kopi Gayo: Merawat Kebudayaan sebagai Kekuatan Ketahanan Pangan

9 November 2023 - 14:48 WIB

Peserta Lomba Bouh Gaca dari Kabupaten Aceh Jaya

7 November 2023 - 13:30 WIB

Aceh Jaya Akan Pamerkan “Rempahnya” di PKA-8

1 November 2023 - 06:31 WIB

Trending di Pariwisata