Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Pariwisata · 22 Jun 2023 07:49 WIB ·

Durian Aceh Jaya Dikonteskan, Juri Berasal dari Luar Negeri


 Panitia sedang memantau buah durian yang dikonterskan (Foto Aceh Jaya Post) Perbesar

Panitia sedang memantau buah durian yang dikonterskan (Foto Aceh Jaya Post)

Calang (AJP) – Petani durian Aceh Jaya ikut lomba dalam kontes Eksplorasi Durian Nusantara yang  digelar oleh Tim Durian Traveler selama dua hari, sejak 20 – 21 Juni 2023 yang berlangsung di Black White Coffee, Pasie Luah, Kota Calang, Kabupaten Aceh Jaya

Ketua Durian Traveler Sigit Purwanto mengatakan, kontes tersebut turut menghadirkan tiga juri dari luar negeri, yaitu Australia, Amerika dan Malaysia.

“Kami sudah melakukan di sini selama tiga tahun. Proses yang kami lakukan mulai dari identifikasi, dan kami menemukan banyak durian, di samping itu tugas lain adalah bagaimana menjadikan sebuah industri atau bisa dikebunkan,” ujar Sigit, Kamis (22/6/2023) di Calang.

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin memberikan sambutan pada lomba kontes Eksplorasi Durian Nusantara (Foto Aceh Jaya Post)

Ia berharap, kontes semacam ini bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat Aceh Jaya. Sigit mengungkap,  durian di Aceh Jaya sudah masuk katagori terbaik di Indonesia.

“Ini berat memang, kami putuskan selama tiga tahun ini. Kami bolak balik ke Aceh Jaya tentu ada alasan besar, karena durian di sini saya rasa durian terbaik. Tapi saat kami datang dulu, belum ada perhatian dari siapa pun,” sebutnya.

Sigit menyebut, saat ini pemerintah Kabupaten Aceh Jaya telah menaruh perhatian terhadap sektor pertanian durian. “Akhirnya yang kami duga benar, kami dapatkan beragam durian baik dan bagus di sini, dibandingkan di tempat-tempat lain yang sudah kami kunjungi di Indonesia,” ungkap Sigit Purwanto.

Ia berharap, ke depan pemerintah setempat sudah bisa membuat sendiri kegiatan kontes durian, mengingat dampak ekonomi dari raja buah itu sangat menjanjikan.

 

Artikel ini telah dibaca 186 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemkab Aceh Jaya Buka Seleksi Calon Penerima Beasiswa

17 April 2024 - 07:50 WIB

Pj Bupati Aceh Jaya Apresiasi Perkembangan Pokdarwis Pantai Nissero Panga

11 January 2024 - 18:41 WIB

Tahun Ini, Reza Fahlevi Ingin Datangkan Lebih Banyak Wisatawan ke Sabang

4 January 2024 - 04:02 WIB

Camping Raya: Pokdarwis di Aceh Jaya Terbaik Tahun 2023 Terima Cipta Award

10 December 2023 - 06:52 WIB

Festival Panen Kopi Gayo: Merawat Kebudayaan sebagai Kekuatan Ketahanan Pangan

9 November 2023 - 14:48 WIB

Peserta Lomba Bouh Gaca dari Kabupaten Aceh Jaya

7 November 2023 - 13:30 WIB

Trending di Foto