Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

News · 11 Oct 2023 05:20 WIB ·

Aceh Hijau dan UNICEF Dorong BMK dan BMA Implementasikan Program Responsif Anak


 Aceh Hijau dan UNICEF Dorong BMK dan BMA Implementasikan Program Responsif Anak Perbesar

Banda Aceh (AJP) – Kegiatan pelatihan perencanaan dan strategi implementasi Program Responsif Anak Berbasis Pemberdayaan Keluarga sukses dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 9-10 Oktober di SEI Hotel Kota Banda Aceh.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 35 peserta dari perwakilan Baitul Mal Kabupaten (BMK) dan Baitul Mal Aceh (BMA) ini berfokus pada upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para peserta terkait pentingnya perencanaan strategis dalam melaksanakan program responsif anak.

Dalam sambutannya, Kepala Baitul Mal Aceh yang diwakili oleh Khairina mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mengatasi masalah di Baitul Mal terkait kebutuhan pelatihan SDM yang berfokus pada keamilan.

Hingga saat ini, keahlian dalam kompetensi masih menjadi permasalahan yang besar. Salah satu aspek yang perlu diperbaiki adalah mengubah SDM Baitul Mal menjadi perencana yang baik, baik itu dalam program, monitoring, dan pendampingan.

“Tujuan kita melakukan kegiatan pelatihan ini sebenarnya ada masalah di Baitul Mal bahwa secara SDM kita perlu pelatihan yang menjurus ke keamilan. Bagaimana hari ini ketika kita bicara kompetensi saja, itu masih menjadi PR besar,” ujarnya.

“Salah satu nya adalah bagaimana SDM Baitul Mal bisa kita bekali nantinya menjadi perencana perencana yang baik, perencana di dalam program, perencana untuk monitoring, perencana untuk pendampingan, dan itu yang hari ini kita lakukan,” lanjutnya.

Selanjutnya, Direktur Yayasan Aceh Hijau, Syarifah Marlina saat sambutan menyampaikan bahwa panduan ini diharapkan dapat menjadi jembatan untuk memastikan dana yang ada di Baitul Mal dapat disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan dengan cara yang memberdayakan.

Hal ini bertujuan agar mustahik tidak hanya sekali menerima bantuan, tetapi juga dibantu untuk meningkatkan kelas sosialnya.

“Harapan kita adalah bagaimana panduan ini bisa menjembatani agar dana yg ada di Baitul Mal dapat disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan namun dengan cara-cara yang yang memberdayakan dan memastikan bahwa agar mustahik ini tidak hanya menerima sekali bantuan, dukungan,” ucapnya.

“Karena kita mengetahui dan menyadari sepenuhnya cita-cita besar dari Baitul Mal ini bukanlah hanya mendistribusikan anggaran, program dan bantuan, tetapi cita-cita akhirnya adalah bagaimana mustahik ini naik kelas, naik kelas dari mustahik menjadi muzakki. Ketika itu terjadi, itulah sebenarnya yang menjadi idealnya ataupun puncak keberhasilan Baitul Mal,” sambung Syarifah.

Dalam serangkaian sesi diskusi dan lokakarya yang berlangsung selama dua hari, para peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam merencanakan dan mengimplementasikan program responsif anak secara efektif. Materi ini disampaikan oleh Bapak Sigit Iko Sugondo selaku konsultan pemberdayaan masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya mencapai hasil yang maksimal, pelatihan ini turut mengadakan sesi tanya jawab dan diskusi kelompok, yang memungkinkan para peserta untuk berbagi pengalaman dan pandangan mereka terkait isu-isu yang relevan.

Dalam suasana yang penuh antusiasme dan kebersamaan, ide-ide kreatif dan solusi-solusi inovatif pun bermunculan, yang diharapkan dapat diaplikasikan dalam upaya mengimplementasikan program responsif anak berbasis pemberdayaan keluarga di Aceh.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

APH Tutup Mata, Illegal Logging Masih Marak Terjadi di Babahrot

10 June 2024 - 07:44 WIB

Tindak Lanjut Surat Edaran, PWI Aceh Jaya dan KIP Jalin Kerjasama Sukseskan Pilkada 2024

5 June 2024 - 13:33 WIB

Peringati Haul Wali, DPW PA Aceh Jaya Gelar Doa Bersama

3 June 2024 - 16:00 WIB

Sahuti Edaran Mendagri untuk Pilkada Damai, Pengurus PWI Aceh Audiensi ke KIP

28 May 2024 - 10:37 WIB

WALHI Aceh Temukan Illegal Logging di Kawasan Hutan Mukim Krueng Bireuen

28 May 2024 - 08:32 WIB

Harapan Pj Gubernur Aceh untuk Masyarakat Aceh di Perantauan

23 May 2024 - 08:48 WIB

Trending di News