Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Inforial Pemkab Aceh Jaya · 6 Mar 2024 15:13 WIB ·

Pj Bupati Aceh Jaya Pastikan Kesediaan Daging dan Sembako Jelang Megang


 Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala, M.Si, pada saat peninjauan langsung ke pasar hewan ternak Panga dan Pasar Rakyat Calang, Rabu (06/03/2024) (Foto untuk AJP) Perbesar

Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala, M.Si, pada saat peninjauan langsung ke pasar hewan ternak Panga dan Pasar Rakyat Calang, Rabu (06/03/2024) (Foto untuk AJP)

Calang (AJP) – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya memastikan ketersediaan hewan ternak dan bahan sembako menjelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah cukup tersedia. Hal ini disampaikan oleh Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala, M.Si, pada saat peninjauan langsung ke pasar hewan ternak Panga dan Pasar Rakyat Calang, Rabu (06/03/2024).

Dr. A. Murtala, menyebutkan bahwa untuk hewan ternak sendiri Kabupaten Aceh Jaya mengalami surplus dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Aceh Jaya. Bahkan dirinya mempersilahkan kabupaten lain untuk menghubungi Dinas Pertanian Aceh Jaya jika kekurangan dan membutuhkan stok hewan ternak untuk kebutuhan meugang Ramadhan 1445 H.

“Berdasarkan data yang kita peroleh, stok hewan ternak di Aceh Jaya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama meugang menjelang Ramadhan tahun ini. Bahkan kita siap membantu daerah lain yang kekurangan hewan ternak. Kami juga akan melakukan pengawasan dan monitoring terhadap harga hewan ternak di pasaran agar tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan.” ungkap Pj. Bupati Aceh Jaya.

Dinas Pertanian Aceh Jaya melalui Kabid Peternakan dan Keswan, Khairul Anwar, menyebutkan bahwa stok sapi potong dan kerbau di Aceh Jaya mencapai 540 ekor, jumlah ini lebih banyak dari meugang Ramadhan tahun sebelumnya, yaitu 437 ekor.

“Stok Hewan ternak menjelang meugang ramadhan tahun ini sebanyak 344 ekor sapi dan 196 ekor kerbau, lebih banyak dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu kami siap membantu daerah lain yang memang kekurangan hewan ternak menjelang Ramadhan. Kami dari bidang peternakan juga sudah mengerahkan semua tim dari 9 kecamatan untuk mengecek Kesehatan hewan ternak tersebut agar bebas dari penyakit dan aman konsumsi.” Jelas Khairul Anwar.

Lebih lanjut Dr. A. Murtala saat mengunjungi pasar rakyat calang menyebutkan bahwa ketersediaan stok sembako, seperti beras, tepung terigu, minyak goreng, dan telur sangat aman dan harganya relatif stabil. Harga cabai, tomat, bawang dan gula sedikit mengalami kenaikan dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

“Stok sembako juga masih aman dan cukup, harga sembako juga masih dalam kategori normal, meskipun ada beberapa bahan makanan yang mengalami kenaikan. Kita juga akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan di lapangan untuk memastikan tidak ada penimbunan atau permainan harga yang dilakukan oleh pedagang,” tegas Pj. Bupati Aceh Jaya.

Pj. Bupati Aceh Jaya tersebut mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir dengan ketersediaan hewan ternak dan sembako menjelang bulan Ramadhan 1445 H.

“Pemerintah akan terus berupaya untuk memastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi,” pungkasnya. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemkab Aceh Jaya Terima Bantuan Buffer Stock dari Dinsos Aceh

17 May 2024 - 11:31 WIB

Sekretaris Daerah Aceh Jaya Pimpin Monitoring dan Evaluasi Penurunan Stunting

17 May 2024 - 11:08 WIB

Dua Kecamatan di Aceh Jaya Terkoneksi Jaringan Internet Fiber Optik

16 May 2024 - 16:36 WIB

Mewakili Pj Bupati, Mustafa Ibrahim Hadiri Pelantikan PPK

16 May 2024 - 10:37 WIB

Sekretaris Daerah Aceh Jaya Buka Sosialisasi dan Simulasi Sekolah Aman Bencana

15 May 2024 - 04:44 WIB

Aceh Jaya Terima Sertifikat Penetapan Semeuleung Raja sebagai WBTb Indonesia

15 May 2024 - 04:31 WIB

Trending di Inforial Pemkab Aceh Jaya