Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Uncategorized · 19 Oct 2023 14:37 WIB ·

Aceh Jaya Luncurkan Pusat Talenta Digitalisasi


 Aceh Jaya Luncurkan Pusat Talenta Digitalisasi Perbesar

Calang (AJP) – Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin meluncurkan Pusat Talenta Digital Aceh Jaya acara tersebut digelar di Aula Dinas Arpus Aceh Jaya, Kamis (19/10/2023).

Peluncuran Pusat Talenta digitalisasi ini adalah sebuah Langkah bertujuan untuk memajukan sektor teknologi informasi dan memberikan peluang pendidikan serta pelatihan bagi masyarakat Aceh Jaya.

Sebelumnya, telah dilaksanakan Bimbingan Teknis Pusat Talenta Digital selama dua hari, pada tanggal 17 hingga 18 Oktober 2023 di Dinas Perpustakaan Aceh Jaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memberikan panduan kepada pihak-pihak terkait dalam menjalankan operasional Pusat Talenta Digital Aceh Jaya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Dr. Nurdin menyampaikan kebahagiaannya atas terwujudnya inovasi ini.

“Ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sudah kita tandatangani dengan Rektor Universitas Gadjah Mada. Kita bisa merasa bahagia karena satu lagi inovasi yang kita gagas di Aceh Jaya hari ini bisa kita wujudkan”, katanya.

Dr. Nurdin juga menyoroti perkembangan teknologi di Indonesia. Saat ini penggunaan internet dan penggunaan telepon seluler di Indonesia lebih besar dari pada jumlah penduduk, ini berarti pangsa elektronik dan internet cukup termasuk ekonomi digital.

“Hal ini menunjukkan potensi yang besar dalam sektor teknologi informasi, yang dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi daerah,” terangnya.

Pj Bupati menekankan urgensi persiapan Aceh Jaya dalam era digital, “Perubahan lingkungan terjadi demikian cepat. Jika kita tidak mempersiapkan masyarakat dan birokrasi kita untuk masuk ke dunia digital tersebut maka kita tidak bisa mendapatkan apa-apa dari kemajuan teknologi.

“Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi kita untuk mempersiapkan ekosistem digital. Oleh karenanya kita mendorong agar Kabupaten Aceh Jaya mempunyai pusat Talenta Digital,” jelasnya.

Kepala Dinas Kominsa Aceh Jaya, A.G. Suhadi, menjelaskan bahwa terbentuknya Pusat Talenta Digital ini merupakan instruksi dari Pj. Bupati Aceh Jaya kepada beberapa SKPK terkait dan hal ini tertuang dalam salah satu indikator kinerja SKPK.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua SKPK terkait yang telah memberikan dukungan, berkolaborasi, serta memberikan saran dan pendapat yang berharga,” kata A G Suhadi.

A.G. Suhadi juga menyampaikan harapannya, “Semoga pusat Talenta Digital ini dapat difungsikan sebagai akses untuk warga Aceh Jaya dalam mendukung lingkungan yang kreatif dan bersinergi, mendorong masyarakat untuk berkreasi, mengeksplorasi, dan berinteraksi untuk membangun komunitas yang lebih kuat dan lebih terhubung.

“Semoga kehadiran pusat Talenta Digital ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Aceh Jaya”, katanya.

Sambungnya, Pusat Talenta Digital Aceh Jaya akan menjadi pusat unggulan dalam pelatihan, pengembangan, dan inovasi teknologi informasi. Ini akan memberikan kesempatan bagi warga Aceh Jaya untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam berbagai aspek teknologi informasi, serta berkontribusi pada pertumbuhan sektor IT di daerah ini.

Peresmian ini merupakan tonggak penting dalam memajukan sektor teknologi informasi di Aceh Jaya dan memberikan harapan besar bagi masyarakat Aceh Jaya untuk berpartisipasi dalam revolusi digital yang sedang berlangsung.

Acara diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama oleh para pemangku kepentingan yang hadir. Penandatanganan ini menandai tekad mereka untuk mendukung dan memajukan Pusat Talenta Digital Aceh Jaya sebagai wujud nyata kolaborasi dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital ini.

Untuk diketahui Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM, Tokoh Nasional Penggerak Internet Desa/Reviewer Proposal Pusat Talenta Digital Nasional, Eka Endarto M.Eng, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Jaya, A.G. Suhadi, SE., M.Si., Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Aceh Jaya, Cut Netty Mediana, SH, para Staf Ahli, Para Asisten Setdakab Aceh Jaya, para Kepala SKPK, dan unsur terkait lainnya.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pangdam IM Silaturahmi ke Pendopo Bupati Aceh Jaya

13 June 2024 - 15:18 WIB

APH Tutup Mata, Illegal Logging Masih Marak Terjadi di Babahrot

10 June 2024 - 07:44 WIB

WALHI Aceh Temukan Illegal Logging di Kawasan Hutan Mukim Krueng Bireuen

28 May 2024 - 08:32 WIB

Harapan Pj Gubernur Aceh untuk Masyarakat Aceh di Perantauan

23 May 2024 - 08:48 WIB

Kejari Bireuen Eksekusi Uang Pengganti Korupsi PNPM Jeumpa dan Gandapura Senilai Rp 1,85 Miliar

22 May 2024 - 12:39 WIB

Bea Cukai Kembali Sita Barang Impor Ilegal Senilai Rp 3,6 Miliar di Aceh Tamiang

21 May 2024 - 08:49 WIB

Trending di News