Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Nasional · 18 Jun 2023 10:08 WIB ·

SBY dan Megawati Sama-sama Titip Pesan sebelum Pertemuan AHY-Puan Maharani


 Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (tengah kiri) bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY, tengah kanan) di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu 18 Juni 2023. ANTARA/Putu Indah Savitri Perbesar

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (tengah kiri) bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY, tengah kanan) di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu 18 Juni 2023. ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta (AJP) – Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY melakukan pertemuan di Plataran Hutan Kota, GBK Ahad, 18 Juni 2023. Sejumlah pengurus DPP PDIP dan DPP Demokrat turut hadir.

Dari PDIP hadir diantaranya Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Utut Adianto, Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto, dan politikus PDIP Andreas Hugo Pareira dan Masinton Pasaribu.

Adapun Demokrat diantaranya Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Syarief Hasan, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon, dan anggota DPR Didik Mukrianto.

Pertemuan Puan dengan AHY pada hari ini dilakukan setelah 20 tahun kedua petinggi partai politik itu tak pernah bertemu.

SBY titip pesan ke AHY

AHY mengakui dititipi pesan oleh ayahnya, Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY sebelum melangsungkan pertemuan dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.

“Pak SBY menitipkan, semoga pertemuan ini membawa kebaikan dan keberkahan,” katanya saat konferensi pers Dialog Politik Rekonsiliasi PDIP-Demokrat, di Plataran Hutan Kota, Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad 18 Juni 2023.

Pesan SBY tersebut, kata AHY, disampaikannya saat berziarah di Taman Makam Pahlawan. Di momen tersebut, SBY teringat sosok almarhum Taufiq Kiemas yang pusaranya tak jauh dari almarhumah istrinya, Ani Yudhoyono.

“Beliau berdua bersahabat semasa hidupnya dan tentunya mudah-mudahan di alam kuburnya tersenyum melihat kebersamaan hari ini,” ujar AHY mengingat pesan SBY.

AHY sebut pertemuan dengan PDIP saling menghormati 

AHY menuturkan alasan pertemuannya dengan PDIP terasa indah karena masing-masing parpol menghormati fatsun politik. “Menghormati dan saling memahami posisi posisinya,” katanya.

Puan, kata AHY, paham bahwa Demokrat telah terafiliasi dalam koalisi Pilpres bersama Koalisi Persatuan untuk Perubahan (KPP) bersama Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung bacapresnya Anies Baswedan.

Di lain sisi, PDIP sendiri punya koalisi yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai bacapres. “Menyadari posisi kedua partai, justru jadi sangat terbuka, akhirnya tidak ada rasa tidak enak untuk menyampaikan hal hal yang memang bagus untuk saling kita ketahui saling kita bicarakan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, PDIP dan Demokrat sepakat agar pemilu 2024 dapat terlaksana dengan damai dan aman. Kata AHY, jauh dari yang namanya konflik dan benturan hingga polarisasi yang keras di tengah masyarakat Indonesia.

“PDIP maupun Demokrat adalah sama sama nasionalis, merah putih pancasilais dan tentu kita tidak ingin terjadi perpecahan di antara kita karena politik sesaat, oleh karena itu banyak hal yang bisa kita cari kesamaannya,” katanya.

Pesan Megawati ke Puan Maharani

Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga mengungkapkan bahwa sebelum bertemu dengan AHY, ia mendapat pesan dari sang ketua umum Megawati Soekarnoputri.

“Pesannya dari Ibu Mega, ya ketemu hari ini senyum,” ujar Puan seusai pertemuan dengan AHY di kawasan Hutan Kota Plataran, Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad, 18 Juni 2023.

Selain itu, Mega juga berpesan agar Puan tak tegang-tegang saat bertemu AHY. “Gak boleh ketemunya berdua ini kaya, wah tegang-tegang,” kata Ketua DPR RI itu.

Sebab itu, kata Puan, sejak awal pertemuan ia terus melempar senyum ke AHY. “Nah tadi ketemu langsung senyum, salaman berduaan, gak ada kaya tegang-tegang, akrab, kekeluargaan, bersilaturahmi,” katanya.

Apalagi kata Puan, mengingat posisi politik mereka berdua sebagai pimpinan partai dan masih dari kalangan anak muda.

“Ini anak-anak muda, saya masih boleh bilang gak diri saya muda? masih boleh ya,” ujarnya.

Puan klaim pertemuan akan bawa dampak baik bagi pembangunan bangsa dan negara

Puan mengklaim pertemuan dia dengan AHY ini akan membawa dampak baik bagi pembangunan bangsa dan negara.

“Insya Allah bisa membantu membangun bangsa ini ke depan untuk bisa mempunyai masa depan yang lebih baik daripada yang sebelumnya. Jangan berpikir yang aneh-aneh ataupun berpikir yang lain-lain,” ucapnya.

Menurut Puan, dalam perbincangannya dengan AHY, mereka bersepakat tentang politik rekonsiliasi.

“Kalaupun belum bisa ada kesamaan, ya namanya juga masih mencari pola untuk bisa sama-sama, ya kita harus bicara terus, bicara terus, bicara terus, bicara terus, dan kami udah sepakat komunikasi itu akan terus dilaksanakan,” katanya.

Namun intinya, ujar Puan, bagaimana pemilu harus berjalan secara damai, silaturahmi harus tetap dilaksanakan, pesta demokrasi ini harus bisa membawa suasana sejuk. “Dan pemimpin yang nanti dipilih oleh rakyat kita sama-sama disepakati,  itulah pemimpin yang nantinya sudah menjadi pilihan rakyat yang akan kita sama-sama hormati dan hargai,” katanya.

Adapun AHY mengungkapkan hal yang sama dengan Puan bahwa mereka sepakat agar pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan damai dan tidak terjadi perpecahan.

“Tidak terjadi polarisasi atau benturan yang sangat keras antara masyarakat atau bangsa Indonesia sendiri,” katanya.

Sumber: tempo.co

 

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

PA Langsa Usung Muhammad Zulfri sebagai Bakal Calon Wali Kota

19 May 2024 - 13:36 WIB

Yusdi – Syamsuddin Yahya Deklarasi Maju Pilkada 2024

18 May 2024 - 13:30 WIB

H Yusdi Mendaftar ke Demokrat Aceh Jaya, Ketua DPC Demokrat Aceh Jaya sematkan Atribut

15 May 2024 - 15:55 WIB

Tim Penjaringan Partai Demokrat Nagan Raya Daftarkan Empat Bacakada Ke DPD, Ini Nama – Namanya

15 May 2024 - 05:33 WIB

KPA Meurehoem Daya Tegaskan PA Aceh Jaya Hanya Memiliki Pasangan Tunggal

14 May 2024 - 12:08 WIB

Pastikan Target Prioritas Tercapai, Kementerian ATR Beri Pembinaan ke Satker Kanwil BPN Aceh

13 May 2024 - 15:34 WIB

Trending di Nasional