Menu

Mode Gelap
Ratusan ASN di Aceh Jaya Belum Terima Gaji Ulama dan Pj Bupati Aceh Jaya Bahas Penguatan Kemandirian Dayah Dua Oknum Anggota Polda Aceh Ditangkap, Ini Kasusnya Saat Proses Sortir, Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak Pemkab Aceh Jaya Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

News · 29 Jan 2024 03:14 WIB ·

Susahnya Anak – Anak Desa Mareu Berangkat Ke Sekolah, Dandim Aceh Jaya Upayakan Pembangunan Jembatan


 Dandim 0114 Aceh Jaya, Letkol Inf. Alimuddin mengunjungi Desa Mareu Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya dalam rangka menindak lanjut rencana pemindahan jembatan billy yang ada di Desa Bakpaoh Kecamatan Jaya untuk dijadikan jembatan penghubung antara Desa Mareu dan Desa Sabet, Senin (29/1/2024) (Foto untuk AJP) Perbesar

Dandim 0114 Aceh Jaya, Letkol Inf. Alimuddin mengunjungi Desa Mareu Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya dalam rangka menindak lanjut rencana pemindahan jembatan billy yang ada di Desa Bakpaoh Kecamatan Jaya untuk dijadikan jembatan penghubung antara Desa Mareu dan Desa Sabet, Senin (29/1/2024) (Foto untuk AJP)

Calang (AJP) – Dandim 0114 Aceh Jaya, Letkol Inf. Alimuddin mengunjungi Desa Mareu Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya dalam rangka menindak lanjut rencana pemindahan jembatan billy yang ada di Desa Bakpaoh Kecamatan Jaya untuk dijadikan jembatan penghubung antara Desa Mareu dan Desa Sabet, Senin (29/1/2024)

“Terkait untuk pemindahan dan pembangunan kembali jembatan billy tersebut, kita akan coba kalkulasi biaya dulu. Nanti akan kita usulkan ke Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk direalisasikan. Insya Allah dalam masa saya bertugas di Aceh Jaya ini akan kita usahakan selesai” ujar Dandim

Tokoh masyarakat Kecamatan Jaya M Jamin yang ikut mendampingi kunjungan tersebut menyampaikan kepada Dandim Bahwa Rencana Pemindahan Jembatan Billy tersebut sudah di koordinasikan dengan Pemkab Aceh Jaya untuk mendapatkan solusi penanganannya sejak empat tahun yang lalu, tapi belum terealisasi sampai saat ini.

Sementara itu, Keuchik Gampong Mareu, Hazami menyampaikan berharap agar Dandim 0114 Aceh Jaya bisa mewujudkan harapan masyarakat Mareu tersebut.

“Puluhan tahun sudah Indonesia merdeka, tapi kami masih belum bisa menikmati kemerdekaan tersebut dari segi lancarnya transportasi ke desa kami. Sudah tujuh tahun kami harus tinggal di Desa Sabet demi untuk bisa menyekolahkan anak-anak Kami. Sebab tidak mungkin kami mengantar sekolah anak-anak kami dari desa Mareu karena terkendala oleh sungai yang tidak menentu kondisinya” ujar Hazami.

Sekretaris Kecamatan Jaya, Safrizal menyampaikan, potensi Alam di Desa Mareu sangat banyak, dari sektor pertanian, perkebunan, hutan hingga sektor wisata.

“Ditambah dengan adanya temuan batu akik jenis Guliga di sungai Mareu. Namun semua itu tidak ada nilainya ketika akses ke desa tersebut tidak di buka. Sudah sewajarnya jembatan billy tersebut dipindahkan ke Desa Mareu” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, jembatan billy yang ada di Desa Bakpaoh, Kecamatan Jaya adalah jembatan Darurat yang di bangun oleh Pihak Zipur (TNI) pasca tsunami 2024 sebagai penghubung jalan Banda Aceh – Calang. Saat ini jembatan tersebut tidak termamfaatkan lagi setelah jembatan permanen siap di bangun pada tahun 2019 yang lalu. (*)

Artikel ini telah dibaca 255 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sahuti Edaran Mendagri untuk Pilkada Damai, Pengurus PWI Aceh Audiensi ke KIP

28 May 2024 - 10:37 WIB

WALHI Aceh Temukan Illegal Logging di Kawasan Hutan Mukim Krueng Bireuen

28 May 2024 - 08:32 WIB

Harapan Pj Gubernur Aceh untuk Masyarakat Aceh di Perantauan

23 May 2024 - 08:48 WIB

Wakajati dan Para Kajari di Aceh Diganti, Ini Daftarnya

23 May 2024 - 05:20 WIB

Pohon Tumbang Penyebab Mati Listrik, PLN ULP Calang Gerak Cepat Lakukan Penormalan

22 May 2024 - 15:57 WIB

Kejari Bireuen Eksekusi Uang Pengganti Korupsi PNPM Jeumpa dan Gandapura Senilai Rp 1,85 Miliar

22 May 2024 - 12:39 WIB

Trending di News